Google+ Followers

Pages

Selasa, 19 Maret 2013

Yang Membosankan Justru Menyehatkan

Hampir semua buah memberikan banyak manfaat, namun ada beberapa buah yang memiliki konsentrasi lebih tinggi dari vitamin dan nutrisi.

Beberapa buah-buahan ternyata memiliki manfaat khusus yang mengesankan bagi tubuh.

Ingin jantung sehat? tidak pikun? rambut sehat? dan percaya diri saat tersenyum lebar? Cari tahu apa yang Anda butuhkan untuk dimakan.

Apel: Pembersih kolesterol

Hasil penelitian yang dimuat dalam journal Academy of Nutrition and Dietetics ini menunjukkan setelah tiga bulan, kadar kolesterol bisa turun sampai 9 persen dan kadar kolesterol total turun 16 persen. Jika dikonsumsi lebih lama, penurunan tingkat kolesterol bisa lebih tajam lagi.


Pektin (sejenis serat) dan antioksidan polifenol menjadi juru selamat bagi jantung. Penelitian lain juga membuktikan bahwa apel bisa melindungi terhadap risiko asma dan penyakit paru-paru obstruktif kronik berkat tingginya antioksidan flavonoid di dalamnya. Senyawa quercetin juga turut melindungi sel-sel otak dari radikal bebas.

Stroberi: Pelawan kanker

Penelitian kecil oleh peneliti Ohio State Comperhensive Cancer Center mengiris stroberi ke dalam sereal setiap pagi atau yogurt mampu mengurangi risiko terserang kanker. Stroberi juga mampu mengurangi histologi tingkat lesi prakanker dan pembelahan sel-sel kanker serta inflamasi.

Penelitian terkini dari University of California menemukan bahwa konsumsi stroberi secara rutin bisa melawan efek pembekuan darah dan inflamasi dari makanan tinggi lemak, karbohidrat dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Serta, vitamin C meningkatkan produksi kolagen dan faktor penyerapan zat besi, yang memberikan perlindungan dari rambut rontok.

Blueberi: Penghancur lemak

Penelitian terbaru dari University of Texas menemukan antioksidan dalam blueberi ampuh mengurangi jumlah sel-sel lemak pada tikus sebanyak 73 persen dan menghambat pembentukan jaringan lemak baru di tubuh tikus. Buah ini menjadi senjata ampuh melawan obesitas karena rendah kalori.

Manfaat blueberi juga dirasakan bagi otak. Antioksidan anthocyanin yang memberikan pewarna ungu cerah di kulit blueberi memberi perlindungan terhadap fungsi memori otak, sehingga mencegah timbulnya kepikunan.

Jeruk: Master metabolik

Menurut penelitian dalam journal Diabetes, antioksidan flavonoid dalam jeruk memberikan pelindungan dari tiga penyakit yang dikenal sebagai sindrom metabolik, penyakit arteri koroner, stroke dan diabetes tipe 2.

Kandungan zat nobiletin di kulit jeruk efektif mencegah atheroschlerosis atau pembentukan plak (kolesterol dan lemak) di pembuluh darah. Nobiletin juga bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Oleh karena itu, nobiletin berperan penting dalam mencegah stroke dan diabetes.

Jeruk juga terbukti membantu mencegah risiko kanker. Senyawa salvestrol Q40 yang ditemukan dalam kulit jeruk dapat menghentikan aktivitas enzim yang memicu pertumbuhan sel kanker. Cobalah untuk mencampurkan kulit jeruk ke dalam teh hangat atau menaburkannya ke dalam salad.

Grapefruit: Penangkal diabetes

Grapefruit bisa menurunkan risiko resistensi insulin, biang kerok munculnya diabetes tipe 2. Antioksidan naringenin yang memberikan rasa pahit di jeruk akan bertindak meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Naringenin juga dapat mengaktifkan protein kecil, yang disebut nuclear receptor, menyebabkan hati memecahkan lemak bukan menyimpannya. Lemak berlebihan menempatkan penderita diabetes pada masalah komplikasi kesehatan dan mengurangi efektivitas insulin. Itulah mengapa grapefruit bisa mengatasi obesitas dan diabetes sekaligus.

Cranberi: Mencegah plak gigi

Antioksidan proanthocyanidin pada cranberi menghentikan aktivitas bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Sifat anti-mikroba dalam cranberi juga ampuh mematikan bakteri yang menempel pada gigi dan menghambat masuknya bakteri ke dalam saluran kemih, sehingga membantu mencegah infeksi saluran kemih.

Plum kering: Pondasi tubuh sehat

Buah ini dapat membantu menjaga tulang kuat. Ketika perempuan menopause mengonsumsi sekitar secangkir plum kering selama tiga bulan, maka tingkat hormon yang terkait pembentukan tulang akan meningkat.

Plum kering mengandung mineral boron yang bisa meningkatkan kepadatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium, serta tinggi akan vitamin C, K, phytochemical dan antioksidan yang baik untuk menjaga jaringan tulang dan memperlambat lepasnya mikro partikel tulang yang mengakibatkan pengeroposan.

Jadi, bagi Anda penderita patah tulang dan osteoporosis, coba lakukan langkah praktis dan sehat dengan memakan buah ini. Plum dapat dimakan dalam bentuk apapun, termasuk dalam resep kue.

Anggur: Pembasmi peradangan

Sebagai makanan yang kaya polifenol, anggur (terutama anggur merah), dapat mengurangi peradangan yang berkontribusi terhadap berbagai penyakit kronik, termasuk diabetes tipe 2, pengerasan arteri dan tekanan darah tinggi, serta penyakit radang, seperti rematik, encok dan asma.

Anggur juga mengandung antioksidan kuat resveratrol, yang dapat mencegah gumpalan darah beku (antikoagulan) dan melawan kanker paru-paru, payudara dan lainnya.




sumber :
http://id.she.yahoo.com/yang-membosankan-justru-menyehatkan-115010111.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas komentarnya.... jangan lupa kunjungi posting yang lain...

Copyright Text

Blogger news